Bersiwak Sunnah Rasul Yang Perlu Di Lakukan

Bersiwak Sunnah Rasul Yang Perlu Di Lakukan

Kayu siwak merupakan jenis kayu yang berasal dari akan pohon Salvadora persica yang biasanya dipakai untuk membersihkan gigi dan juga bagian mulut atau biasa disebut degan kegiatan bersiwak. Siwak sendiri berasal dari bahasa arab yang disebut juga dengan kata miswak.

Miswak ini pada zaman Rasulullah SAW selalu bersiwak. Hukum dalam melakukannya adalah Sunnah muakkad. Banyak manfaat dari hal tersebut, siwak sendiri pada dasarnya dapat menggunakan jenis kayu dan akar jenis dari pohon apa pun. Hanya saja siwak ini sering menggunakan akar pohon Salvadora persica karena memiliki tekstur yang lembut, berserat dan bersifat basah.

Waktu yang Dianjurkan Bersiwak

Kapan saja waktu bersiwak yang yang tepat ? berikut ini waktu – waktu yang dianjurkan untuk melakukannya:

  • Ketika Membaca Al – Quran

Siwak ini biasa digunakan untuk menggosok gigi dan Rasulullah SAW pada masanya sudah melakukannya, dan waktu pertama yang tepat adalah ketika hendak membaca Al – Quran seperti yang sudah tertera pada sabda Rasulullah dalam HR. Al – Bazzar, hasan.

  • Ketika Sebelum atau Sesudah Wudhu

Waktu kedua yang dianjurkan untuk memakai siwak adalah ketika sebelum atau pun sesudah berwudhu seperti yang sabda Rasulullah SAW dalam HR. Al – Bukhari yang intinya Rasulullah SAW memerintahkan untuk melakukan setiap kali berwudhu.

  • Ketika Hendak Sholat

Waktu ketiga yang diajurkan adalah  sebelum sholat. Rasulullah SAW pernah bersabda dalam HR. Al – Bukhari yang isinya perintah untuk melakukan siwak setiap akan melaksanakan ibadah sholat.

Bersiwak Sama Halnya Dengan Menggosok Gigi

Bersiwak dan menggosok gigi tidak ada perbedaan mengenai maksud dan tujuan memakainya.

  • Untuk Membersihkan Mulut

Bersiwak dengan menggosok gigi juga dapat digunakan untuk membersihkan mulut dan menghilangkan bau yang tak sedap dari dalam mulut. Seperti pada hadits yang dari HR. An Nasa-i dan Ahmad, shahih yang intinya adalah melakukan siwak dapat membuat mulut bersih dan mendatangkan ridha dari Allah SWT.

  • Untuk Mencegah Gigi Berlubang

Menggunakan siwak dalam pembersihan gigi juga dapat untuk membantu menjaga kesehatan pada gigi agar tidak berlubang karena kandungan mineral alaminya yang terdapat pada kayu siwak ini dapat mencegahnya. Rasulullah SAW bahkan melakukannya ketika masuk rumah seperti kata Al Miqdam bin Syuraih dari ayahnya yang berkata di dalam HR. Muslim.

  • Untuk Membunuh Bakteri Pada Mulut

Membersihkan gigi ini juga dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada pada mulut. Ketika bangun dari tidur, Rasulullah selalu bersiwak seperti kaya Aisyah dalam HR. Abu Dawud, Shahih Abu Dawud I/14 no 51 bahwa Rasulullah SAW tidak ada tidur pada malam hari dan siang hari lalu terbangun dan langsung gosok gigi terlebih dahulu sebelum berwudhu.

Manfaat Bersiwak

Manfaat yang dapat Anda perhatikan berikut ini akan diperoleh ketika rajin melakukannya.

  • Menguatkan Gigi

Seperti yang sudah diketahui bahwa hukumnya adalah Sunnah muakkad yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Bersiwak ini juga memiliki manfaat menguatkan gigi dan dapat mencegah gusi bengkak karena kandungan enzim yang terdapat di dalam siwak tersebut sehingga gigi dapat kuat dan utuh dalam waktu yang lama.

  • Mengeluarkan Sisa Makanan

Bersiwak sendiri dapat untuk mengeluarkan sisa makanan setelah makan. Biasanya setelah makan, masih ada sisa – sisa makanan yang tertinggal dan masuk ke dalam sela – sela gigi. Hal ini dapat diatasi dengan menggosok gigi.

Bersiwak sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW sejak dulu dan beliau selalu menggunakan siwak pada waktu yang telah disampaikan di atas.

Tinggalkan komentar