Cara Menggunakan minyak rambut yang Benar

Cara Menggunakan minyak rambut yang Benar

Minyak rambut biasanya berupa gel, minyak, pomade atau krim yang digunakan dengan tujuan untuk memudahkan dalam mengatur penataan rambut. Minyak rambut ini biasa dibuat dengan bahan dasar minyak kelapa. Dalam Islam menggunakan minyak rambut masih halal selama tidak ada bahan yang berbahaya maupun haram. Simak cara menggunakan minyak rambut dengan lengkap dibawah ini.

Minyak rambut yang membuat rambut selalu basah ini banyak digemari oleh orang – orang terutama pria muda yang ingin penampilannya selalu prima. Menggunakan minyak rambut ini cenderung tidak membuat rambut menjadi berminyak dan kasar, namun membut rambut menjadi rapi tetapi tidak mengkilap seperti saat menggunakan gel atau pomade.

Cara Menggunakan Minyak Rambut

Cara menggunakan minyak rambut yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

  • Panaskan Minyak Rambut

Sebelum digunakan, minyak rambut dapat dipanaskan terlebih dahulu agar hangat dan memberi nutrisi minyak rambut yang lebih pada folikel rambut dan juga meningkatkan sirkulasi darah yang ada di kulit kepala dan dapat merangsang pertumbuhan rambut.

  • Campurkan Minyak

Minyak untuk rambut dapat dicampurkan dengan esensial yang dapat berguna untuk merawat rambut seperti minyak kelapa atau minyak esensial lavender yang dapat menambah sensasi rileks yang diidamkan.

  • Sisir Agar Tidak Kusut

Memakai minyak rambut tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengoleskan minyak ke rambut sisir segera untuk menghindari rambut kusut katika dibaluri banyak minyak rambut. Jangan lupa untuk menyisir terlebih dahulu juga rambut Anda sebelum dibaluri minyak.

Hal yang Perlu diperhatikan Setelah Mengggunakan Minyak Rambut

Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan setelah menggunakan minyak rambut.

  • Pijat Secara Perlahan

Jika sudah menggunakan minyak rambut, maka pijat kulit kepala dengan lembut agar menghindari terjadinya rambut patah dan rontok ketika Anda memijat kulit kepala dengan kasar dan tidak bersahabat. Rasulullah SAW kerap kali melakukan hal ini agar semakin rata minyak rambutnya.

  • Jangan Mengucir Rambut Terlalu Kencang

Anda dapat menggunakan minyak rambut untuk rambut kering. Jika sudah menggunakan minyak rambut, hal kedua yang perlu diperhatikan adalah dengan tidak mengucir terlebih dahulu rambut karena baru saja diolesi minyak. Disarankan untuk mengepang longgar setelah dilumuri minyak dan biarkan semalaman kemudian di bilas.

Dampak Menggunakan Minyak Rambut Berlebih

Kejadian – kejadian berikut ini adalah yang akan Anda alami ketika menggunakan minyak rambut secara berlebihan atau tidak sesuai dengan aturan pemakaian yang sudah ada.

  • Rambut Rontok

Menggunakan minyak rambut secara berlebihan akan menyebabkan rambut rontok yang berujung kepada kebotakan karena kandungan bahan kimia yang tinggi dalam minyak rambut. Hal ini dapat melemahkan akar rambut, sehingga rambut menjadi tipis, rapuh, dan terjadi kerontokan hingga kebotakan.

  •  Rambut Beruban

Rambut beruban juga dapat diakibatkan oleh banyaknya penggunaan minyak rambut karena pigmen dari rambut rusak dan warna rambut yang hitam mulai memudar hingga akhirnya muncul uban di kepala.

  •  Rambut Ketombe

Rambut ketombe akibat minyak rambut ini juga dapat diakibatkan karena jika rambut bermnyak akan lebih mudah menyerap kotoran dan keringat yang ada di kepala. Hal ini dapat terjadi penggumpalan kotoran tersebut sehingga menjadi ketombe dan gatal yang dirasakan di kepala.

Cara menggunakan minyak rambut dan dampak menggunakan minyak rambut di atas akan memberikan Anda pandangan ketika ingin menggunakan minyak rambut untuk membantu penataan dari rambut Anda.

Tinggalkan komentar