Memakai Minyak Wangi Ala Rasulullah

Minyak wangi sudah banyak digunakan dari jaman dahulu sampai saat ini. Memakai minyak wangi merupakan salah satu amalan sunnah dari penampilan Rasulullah SAW. Beliau kerap kali menggunakannya untuk berbagai macam aktivitas sehari-hari. Tentu, minyak yang digunakan memiliki komposisi alami dan aman untuk tubuh anda.

Harapan memakai parfum ini ketika dipakai akan memberikan aroma wangi yang dapat bertahan selama mungkin. Memakai minyak wangi tentu tidak ingin mudah pudar mengenai wangi yang diberikannya. Minyak misik merupakan salah satu yang paling sering digunakan oleh baginda Rasulullah SAW karena aman.Maka dari itu, artikel ini akan memberikan tips memakai minyak wangi.

Tips Memakai Minyak Wangi

Tips memakai minyak wangi di bawah ini dapat Anda praktekan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan bertahan dengan lama pada tubuh.

  • Semprotkan Minyak Wangi Ke Titik – Titik Nadi

Parfum dapat disemprotkan ke bagian titik – titik nadi pada kulit agar wanginya bertahan lama. Bagian kulit tersebut dapat menghasilkan panas lebih tinggi yang otomatis juga menyebarkan aroma parfum ke seluruh tubuh.

  • Semprotkan Minyak Wangi Dari Jarak 15 – 25 cm

Kebanyakan orang memakai parfum agar wangi. Jika Anda ingin memakai minyak wangi, maka perhatikan jarak semprotnya. Gunakan jarak 15 – 25 cm agar minyak wangi dapat menyebar luas dan lebih merata ke bagian tubuh.

  • Semprotkan Lebih Dari Sekali

Menggunakan minyak wangi dapat dilakukan lebih dari sekali agar aroma yang diberikan dapat bertahan lama. Semprotkan paling tidak 2 hingga 3 kali semprotan dalam tubuh untuk mendapatkan aroma yang diinginkan.

Himbauan Memakai Minyak Wangi

Himbauan berikut ini yang perlu Anda perhatikan ketika memakai minyak wangi.

  • Perhatikan Cara Menyimpannya

Letakkan parfum di tempat yang tepat agar wanginya tetap awet. Hindari tempat yang langsung bertemu dengan sinar matahari karena pada dasarnya parfum terdiri dari molekul yang mudah menguap. Rasulullah kerap kali menyimpannya di tempat yang sejuk.

  • Tidak Menyemprotkan Ke Pakaian

Anda dapat memakai wangi wangian sesuai dengan bagian tubuh yang berada pada titik – titik nadi. Jika Anda menyemprotkan parfum ke pakaian, maka aroma tersebut akan terampur dengan aroma keringat sehingga akan menimbulkan aroma yang aneh.

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memakai Minyak Wangi

Sebelum menyemprotkan minyak wangi, Anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Minyak Wangi Menimbulkan Polusi Kimia

Minyak wangi memiliki bahan kimia yang dituding dapat mencemari udara dan lingkungan yang menimbulkan penipisan lapisan ozon. Jadi, Anda perlu memakai parfum secukupnya saja dan tidak berlebihan.

  •  Bahaya Penggunaan Pewangi Oplosan

Jika Anda memakai pewangi oplosan, maka akan menimbulkan polusi udara secara kimiawi, menghambat kerja dari sistem syaraf pusat yang menyebabkan pusing serta gangguan daya tangkap, lalu pewangi oplosan dapat menyebabkan ketergantungan. Hal ini sebaiknya dikurangi penggunaanya, karena islam melarang hal yang kurang baik untuk tetap dijalankan.

  • Batasi Penggunaan Parfum

Penggunaan minyak wangi perlu dibatasi karena bahan kimia yang ada beresiko tinggi bagi kesehatan Karena jika masuk ke dalam tubuh manusia tidak dapat dicerna secara keseluruhan sehingga meninggalkan residu yang dapat menyebabkan gangguan metabolisme. Rasulullah SAW membatasi penggunaanya yaitu mulai dari pagi hari setelah melakukan mandi.

Cara memakai minyak wangi dan juga dampak memakai minyak wangi di atas sudah dijelaskan secara singkat. Jadi, kita sebagai generasi penerus bangsa perlu memilah hal – hal yang baik dan tidak melakukan sesuatu secara berlebihan karena akan menimbulkan efek yang nantinya akan merugikan bagi kita sendiri.

Tinggalkan komentar