Penjelasan Sholat Dhuha Lengkap Dengan Dallilnya

Penjelasan Sholat Dhuha Lengkap Dengan Dallilnya

Apa itu sholat dhuha? Sholat dhuha merupakan amalan yang dianjurkan karena beberapa keutamaan yang akan membuat Anda yakin untuk melaksanakannya. Banyak dalil yang mengulas dalam hadits yang menunjukkan keutamaan dari shlolat dhuha itu sendiri. Salah satunya adalah sebagai sarana yang dilakukan untuk dapat memohon ampunan dosa dari Sang Pencipta alam semesta ini.

Waktu shalat dhuha berlangsung beberapa jam dimulai sejak matahari terbit hingga condong ke arah barat. Untuk waktu shalat dhuha yang tepat ada dua yaitu di awal dengan dimulai 20 menit setelah matahari terbit dan di akhir shalat dhuha pada 15 menit sebelum masuk waktu untuk sholat dzuhur.

Keutamaan Dari Sholat Dhuha

Berikut ini adalah keutamaan shalat dhuha yang memberikan penjelasan bahwa sholat Sunnah dhuha ini dianjurkan untuk dikerjakan.

  • Merupakan Pesan Rasulullah

Shalat dhuha merupakan suatu wasiat khusus yang diturunkan dari Nabi SAW. Termasuk pesan dalam shalat dhuha untuk seluruh umat beliau secara umum. Di dalam riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu diberikan penjelasan yang intinya untuk tidak meninggalkan puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah sholat witir.

  • Termasuk Sholat Awwabin

Shalat dhuha rutin ini termasuk ke dalam sholat awwabin atau sholatnya orang – orang yang taat. Ketika rutin mengerjakan shalat dhuha, maka menjadikan seseorang akan dicatat sebagai orang – orang yang taat.

Manfaat Sholat Dhuha

Berikut ini merupakan manfaat yang dapat Anda petik ketika melaksanakan shalat dhuha:

  • Berpahala Seperti Orang Pergi Haji dan Umroh

Untuk manfaat shalat dhuha sendiri pada keutamaan shalat dhuha yang sebelumnya didahului dengan sholat subuh secara berjamaah dan melakukan dzikir hingga matahari terbut, maka ia akan mendapat pahala seperti orang yang sedang pergi haji dan umroh.

  • Di cukupkan Rezeki
    di cukupkan rejeki shalat dhuha

Amalan shalat dhuha khusus untuk rezeki paling cepat ini sesuai dengan hadist qudsi, dimana Allah SWT akan mencukupkan rezeki dari hamba – hamba – Nya yang mengerjakan shalat dhuha secara rutin. Seperti pada firman Allah ‘Azza wa Jalla yang intinya pesan kepada Adam untuk tidak luput dari 4 rakaat di awal hari karena akan dicukupkan keperluannya di hari itu.

  • Di bangunkan Sebuah Rumah Di Surga
    dibangunkan rumah di surga

Bagaimana shalat dhuha dapat menjadi rumah di surga ? hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW di Shahih Al – Jami’ No. 634 yang intinya siapa saja yang melaksanakan shalat  dhuha sebanyak 4 rakaat dan 4 rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah yang letaknya di surga. Hal ini ditujukan kepada mereka yang rajin mengerjakan dhuha.

Jumlah Rakaat Sholat Dhuha

Ada 2 jumlah rakaat yang dapat dikerjakan ketika melaksanakan shalat dhuha.

  • 2 dan 4 Rakaat
    2 dan 4 rakaat shalat dhuha

Sholat dengan 2 rakaat di awal dhuha ini bermanfaat untuk memberikan kewajiban sedekah setiap sendiri kepada Allah SWT, sedangkan 4 rakaat mempunyai fadilah untuk mempermudah rezeki.

  • 8 dan 12 Rakaat

Untuk 8 dan 12 rakaat ini bermanfaat untuk mempermudah perilaku hidup dan kembali kepada Allah SWT yang biasa dilaksanakan pada waktu akhir dhuha antara jam 9 hingga menjelang dzuhur.

Demikian ulasan singkat mengenai keutamaan dari shalat dhuha. Manfaat shalat dhuha bagi wanita dan pria tersebut dapat menjadikan kepercayaan tambahan bagi Anda yang ingin meyakinkan diri. Shalat dhuha yang dilakukan secara rutin memiliki anjuran untuk dikerjakan dengan segala manfaat dan keutamannya. Semoga artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi ilmu tambahan bagi Anda.

Tinggalkan komentar