Sholat Rawatib Lengkap dengan Dalil dan Penjelasannya

Sholat Rawatib Lengkap dengan Dalil dan Penjelasannya

Apa itu sholat Sunnah rawatib? Sholat rawatib merupakan sholat yang dilakukan pada sebelum atau sesudah sholat wajib. Dinamakan rawatib karena pada pelaksanaannya tergantung atau mengikuti kepada waktu dari sholat wajib yang biasa dikerjakan dalam sehari.

Kedudukan sholat ini merupakan sholat – sholat Sunnah yang dikerjakan dan berguna untuk mengiringi sholat wajib lima waktu. Untuk sholat Sunnah rawatib ini jika dikerjakan sebelum sholat wajib maka disebut sholat Sunnah qabliyah, namun jika dikerjakan setelah sholat wajib maka disebut sholat Sunnah ba’diyah. Simak macam – macam sholat rawatib.

Macam – Macam Sholat Rawatib

Keseluruhan dari sholat Sunnah rawatib baik sholat Sunnah qabliyah atau pun sholat Sunnah ba’diyah dianjurkan untuk dikerjakan dengan jumlah 22 rakaat. Macam – macam sholat sunnah rawatib tersebut adalah sebagai berikut:

  • 2 Rakaat Sebelum Sholat Fardhu Subuh
    sholat rawatib 2 rakaat sebelum shalat

Anda dapat mengerjakan sholat ini sebelum sholat subuh. Jika Anda melewatkan sholat Sunnah qabliyah ini, maka Anda boleh menggantinya atau diqada pada sesudah sholat subuh dengan catatan dilakukan sebelum matahari terbit.

  • 4 Rakaat Sebelum Sholat Dzuhur Dan Dua 2 Rakaat Setelah Sholat Dzuhur
    shalat rawatib 4 rakaat sebelum dhuzur

Sholat sunnah rawatib sebelum dan sesudah sholat dzuhur. Untuk sholat Sunnah qabliyah dzuhur dilaksanakan sebanyak 4 rakaat, sedangkan sholat ba’diyah dzuhur dilaksanakan 2 rakaat. Akan dimintakan ampunan dari dosa oleh 70 ribu malaikat hingga malam hari bagi yang sholat.

  • 4 Rakaat Sebelum Shalot Ashar
    4 rakaat sebelum ashar

Untuksholat sunnah rawatib sebelum sholat ashar tidak ada sholat Sunnah ba’diyah ashar. Sesuai dalil hadits Nabi dengan inti dari Nabi menerangkan adalah Nabi SAW akan mendoakan orang yang sholat 4 rakaat sebelum ashar agar dirahmati Allah SWT. (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

  • 2 Rakaat Sebelum Maghrib Dan 2 Rakaat Setelah Sholat Maghrib
    2 rakaat sebelum maghrib

Sholat ini sebelum dan sesudah sholat maghrib ini untuk 2 rakaat sholat Sunnah qabliyah maghrib menganut ghairu muakkad atau sedikit keutamaannya dibandingkan dengan Sunnah muakkad, dan 2 rakaat sholat Sunnah ba’diyah.

  • 2 Rakaat Sebelum Sholat Isya’ Dan 4 Rakaat Sesudah Sholat Isya
    shalat rawatib sebelum isya

Sholat ini sebelum dan setelah sholat isya sesuai dengan riwayat dari hadits Nabi yang kesimpulannya bahwa Aisyah telah menceritakan bahwa Rasulullah SAW terbiasa dengan sholat 4 rakaat yang dikerjakan sesudah sholat isya dan baru pergi untuk beristirahat di malam hari.

Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib

Berikut ini merupakan keutamaan dari sholat sunnah rawatib disertai dengan penjelasannya.

  • Melaksanakan Sunnah Rasulullah SAW

Kita sebagai umat islam yang baik tentu perlu mencontoh Rasulullah SAW. Dalam hal ini Rasulullah SAW memberi contoh untuk melaksanakan sholat Sunnah rawatib secara rutin sebagai salah satu jalan agar kita bisa tergolong sebagai umat-Nya.

  • Perilaku Seperti Sahabat Rasulullah SAW

Tidak hanya Rasulullah SAW yang mengerjakan sholat Sunnah ini, melainkan para sahabat Rasul juga mengerjakan. Jadi kita akan memiliki kesamaan dengan para sahabat Rasulullah yang shalih dan juga penuh amal kebaikan.

  • Takut Akan Hukum Allah SWT

Dengan memperbanyak sholat rawatib, maka kita juga akan memperoleh rasa takut kepada Allah SWT yang memicu ketaatan serta ketundukan kita kepada Nya.

Manfaat Sholat Rawatib

Berikut manfaat yang dapat kita peroleh dari melaksanakan sholat rawatib:

  • Mendapatkan Pahala Besar

Dengan melaksanakan sholat shunnah ini, maka akan mendatangkan pahala yang besar hingga dibangunkannya oleh Allah SWT rumah di surga.

  • Tidak Terlena dengan Dunia

Sebagai salah satu bentuk peringatan bahwa kita tidak boleh terlena dengan dunia yang luas ini, akan tetapi kita juga wajib mengingat bahwa akan ada dunia akhirat yang menanti.

Disamping melaksanakan sholat rawatib, Nabi SAW juga menganjurkan kepada umatnya untuk mengerjakan sholat – sholat Sunnah yang lainnya untuk mengiringi sholat fardhu jumat yaitu 2 atau 4 rakaat sebelum dan sesudah sholat fardhu jumat dengan segala keutamaan sholat rawatib. Semoga artikel ini bermanfaat !

Tinggalkan komentar