Tata Cara Menyisir Rambut Rasulullah

Tata Cara Menyisir Rambut Rasulullah

Sisir rambut merupakan sebuah alat yang digunakan untuk merapikan rambut sesuai dengan keinginan pemiliknya. Menyisir rambut dilakukan dengan memulainya dari kulit hingga ujung rambut di kepala. Namun, perlu hati – hati dalam menyisir agar tidak mudah patah, rontok, dan bercabang pada rambutnya. Dalam Islam, menyisir diperlukan agar tampil lebih rapih.

Menyisir bagian rambut basah akan memberikan dampak yang kurang baik pada rambut. Menyisir rambut dengan baik dan benar akan memberikan rambut tetap sehat dan terhindar dari rontok yang biasa orang – orang eluhkan. Rasulullah SAW kerap kali menyisir rambutnya sebelum melakukan aktivitas. Karena, dengan tampilan yang rapih akan membuatnya sebagai contoh yang baik.

Cara Menyisir rambut

Tentu, banyak cara yang dignakan dalam melakukan penyisiran rambut. Terpenting yaitu lakukan dengan benar dan tepat sesuai pada keperluannya. Rasulullah mengajarkan untuk menyisir dengan benar dan tidak kasar. Cara menyisir bagian rambut berikut ini merupakan cara yang dapat Anda jadikan referensi:

  • Jangan Kasar

Jangan pernah menyisir dengan kasar agar menghindari dari kerusakan rambut. Sisirlah rambut dengan lembut dan rambut dikeringkan sebelumnya dengan menggunakan handuk yang dapat menyerap air yang ada pada rambut.

  • Menyisir Secukupnya Saja

Cara sisir rambut yang baik adalah dengan menyisir seperlunya saja dan tidak berlebihan. Terlalu sering  menyisir hanya akan membuat rambut tersebut menjadi rusak karena terus – menerus ditarik hingga ke akarnya.

  • Sisir Saat Rambut Kering

Menyisir secara kering sangat dianjurkan, karena biasanya perempuan langsung menyisir  ketika selesai keramas dan masih dalam keadaan basah. Rambut yang basah akan rapuh dan memicu kerontokan.

Menyesuaikan Jenis Sisir Dan Model Rambut

Dengan mengetahui model rambut yang diinginkan, maka dapat disesuaikan dengan jenis sisir agar sesuai dengan yang diharapkan.

  • Rambut Bergelombang

Jika Anda menginginkan gaya rambut terlihat lebih bergelombang dan bervolume, maka Anda dapat menggunakan sisir sikat berongga atau vent brush. Biasanya sisir ini memiliki bentuk seperti sikat dan bulat yang dapat digunakan untuk menyisir daerah rambut bergelombang. Beberapa sahabat Rasulullah SAW menggunakan cara ini dalam melakukan penyisiran.

  • Rambut Kempes

Untuk Anda yang memiliki rambut kempes dan ingin memberikan volume agar tidak terlalu kempes, maka Anda dapat menggunakan teaser comb yang akan memberikan sedikit volume dan akan mengembangkan tatanan rambut yang kempes tersebut.

  • Rambut Lurus Panjang

Untuk rambut lurus panjang dapat menggunakan sisir jenis paddle brush. Sisir ini memiliki dasar bantalan karet yang lebar dan rata dengan ujung gerigi empuknya. Sisir ini akan memberikan rambut terlihat lembut dan halus serta memberikan kesan lebih panjang dari sebelumnya.

Menjaga Rambut Tetap Sehat Saat Menyisir Rambut

Aturan menyisir rambut berikut ini dapat Anda jadikan referensi agar setelah menyisir tidak terjadi kerusakan atau kerontokan pada rambut.

  • Hindari Menyisir Ketika Rambut Basah

Rambut akan penuh dengan simpul jika dalam keadaan basah dan akan membuat rambut mudah rontok. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menyisir rambut dalam keadaan kering baru dapat disisir secara perlahan.

  • Menyisir Kulit Kepala Lebih Penting

Menyisir kulit kepala berbeda dengan menyisir rambut jika dilihat secara teknis. Untuk menyisir kulit kepala, Anda perlu memakai sikat rambut agar memperlancar peredaran darah dan juga merangsang folikel rambut. Lakukan sebanyak kurang lebih 100 kali sapuan di kulit kepala agar rambut berkilau.

  • Sering Mengubah Arah Sisir

Arah menyisir rambut dapat diubah agar rambut tidak hanya berbekas di salah satu sisi. Misalnya jika Anda menyisir rambut hanya membelah ke kiri saja, maka bagian rambut yang lain juga akan lebih mudah bertumbuh sedangkan pada sisi kiri tidak.

Cara menyisir rambut yang baik dan benar akan memberikan dampak menyisir rambut yang baik juga untuk rambut agar tetap sehat dan kuat. Menysir bagian rambut dengan benar merupakan amalan sunnah yang dapat diteladani dari Rasulullah SAW. Semoga artikel ini bermanfaat !

Tinggalkan komentar