Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap

Sholat tahajud adalah sholat yang istimewa karena satu – satunya sholat Sunnah yang diperintahkan dan disebutkan di dalam Al Qur’an disertai dengan keutamaannya. Manfaat sholat tahajud banyak sekali dengan segala keutamaannya yaitu kedudukan yang terpuji, kunci masuk surga, sholat Sunnah paling utama, kemuliaan, kewibawaan, dan lain – lain.

Waktu yang tepat untuk melakukan sholat tahajud adalah pada 1/3 malam dan dikerjakan setelah tidur. Waktunya terhitung setelah isya hingga sebelum subuh. Selanjutnya akan lebih membahas mengenai tata cara shalat malan yang benar.

Tata Cara Sholat Tahajud

Di bawah ini merupakan tata cara sholat malam tahajud dan bacaannya:

Niat Sholat Tahajud

niat shalat tahajud

Tatacara yang pertama yaitu niat terlebih dahulu. Tidak ada lafadz khusus di dalam niat sholat. Niat pada dasarnya berasal dari hati sesuai dengan hendak melakukan apa. Jadi, niatlah ketika hendak melakukan suatu hal dari dalam hati.

Rakaat 1

Takbiratul Ihram

Saat takbiratul ihram, semua jari dirapatkan dihadapkan kedepan serta mengangkat kedua tangan yang ujung jarinya sejajar dengan pundak atau pada telinga, tetapi tidak terlalu dekat sampai ruas – ruas tulang tertarik serta pandangan mata melihat kearah tempat sujud dan mengucapkan lafadz berikut ini :

Setelah itu posisi menyedekapkan tangan dimana posisi tangan kanan berada di atas tangan kiri sambil mengembangkan jari – jari tangan kanan yang caranya dengan menggenggam tulang pergelangan tangan kiri dengan tangan kanan.

Doa Iftitah

Hukum membaca doa iftitah adalah Sunnah dengan bacaannya sebagai berikut:

doa iftitah

Membaca Surat Al – Fatihah

Surat Al – Fatihah ini merupakan surat wajib yang harus Anda baca ketika melaksanakan sholat malam.

Membaca Surat Pendek Al – Qur’an

Kemudian membaca doa sholat malam tahajud dimana surat – surat pendek ini dibacakan setelah membaca surat Al – Fatihah. Dalam kesempatan kali ini surat yang dibahas adalah surat Al – Ikhlas.

Ruku

Selanjutnya adalah gerakan ruku yaitu dengan mengangkat kedua tangan setinggi telinga dan membaca lafadz:

I’tidal

I’tidal ini dilakukan setelah gerakan ruku, dimana keadaan untuk berdiri tegak dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga dan mengucapkan:

Sujud

Gerakan selanjutnya yaitu sujud, dimana gerakan ini merupakan posisi menyembah dengan kepala menyentuh lantai dan kedua tangan berada sejajar dengan bahu atau telinga sembari mengucapkan:

Duduk Diantara Dua Sujud

 

Setelah posisi sujud lalu bangun dan melakukan duduk di antara dua sujud dengan posisi yang sempurna yaitu menduduki kaki dengan telapak tangan kaki kanan sedikit berdiri dan jarinya terletak di lantai menghadap kiblat dengan mengucapkan:

Sujud

Setelah itu, lakukan sujud yang kedua dengan membaca lafadz:

Rakaat 2

Pada rakaat 2 dilakukan dengan mengulang langkah ke – 4 hingga langkah ke – 10 seperti yang sudah dijelaskan diatas. Kemudian, masuk pada cara sholat tahajud berikutnya seperti dibawah ini.

Tasyahhud Akhir

Lalu pada saat melakukan tasyahud akhir, akan lebih sempurna dengan membaca Shalawat Ibrahimiah.

Salam

Lalu gerakan yang terakhir pada sholat malam Tahajud adalah dengan mengucapkan salam:

Manfaat Sholat Tahajud

Bagi mereka yang menjalankan sholat sunnah ini, maka akan mendapatkan banyak manfaatnya. Berikut beberapa manfaat sholat malam tahajud yang diberikan meliputi:

  • Kunci Masuk Surga

Hidup di dunia ini tentu hanyalah sementara saja, dan menjadi bekal untuk di akhirat. Karena itu, harus di manfaatkan dengan sebaik mungkin. Jangan sampai, tergoda dengan kenikmatan dunia dan melalaikan akhirat. Untuk itu, sholat malam tahajud ini memberikan keutamaan sebagai kunci masuk surga. Rasulullah SAW bersabda:

  • Sholat Sunnah Paling Di Utamakan

Tentu, banyak sekali sholat sunnah yang dapat dilakukan. Namun, sholat malam tahajud lebih memiliki banyak keutamaan. Sebagaimana sabda dari Rasulullah SAW:

  • Doa Cepat Di Kabulkan

Sholat tahajud manfaatnya sangatlah melimpah. Salah satunya,Mereka yang mengerjakan sholat malam tahajud tentu memiliki keutamaan. Bagi mereka yang berdoa setelah menjalankan sholat malam, InsyaAllah doanya akan cepat untuk dikabulkan. Terlebih, saat melakukan sholat tersebut di sepertiga malam.

Waktu Sholat Tahajud Terbaik

Dalam melakukan sholat tahajud, tentu harus sesuai terhadap waktunya. Untuk itu, kami berikan referensi waktu sholat tahajud terbaik.

  • Sepertiga Malam Yang Pertama

Waktu ini dimulai dari setelah sholat Isya’ sampai pukul 22.00. Namun, untuk menjalankannya tentu harus tidur sejenak terlebih dahulu. Hal ini merupakan salah satu waktu terbaik yang dapat anda lakukan.

  • Sepertiga Malam Yang Kedua

Waktu yang kedua ini dapat anda gunakan untuk menjalankan sholat malam tahajud. Dimulai dari pukul 22.00 sampai dengan 01.00. Tentu, anda harus tidur sejenak terlebih dahulu untuk kemudian dapat menjalankan sholat tersebut.

  • Sepertiga Malam Yang Terakhir

Jam sholat tahajud dari pukul 01.00 sampai sebelum memasuki waktu subuh, merupakan salah satu waktu terbaik dalam menjalankan sholat malam ini. Dengan begitu, akan mendapatkan pahala yang melimpah dan dikabulkan doanya.

Di atas merupakan tata cara sholat tahajud,keutamaan dan waktu sholat terbaiknya. Dengan sholat tahajud 2 rakaat tersebut, maka tidak ada perbedaan dengan sholat – sholat wajib seperti biasa, yang membedakan hanyalah niat dan hukum dari sholat tahajud tersebut. Namun, sholat tahajud tentu memiliki keistimewaan tersendiri seperti penjelasan diatas. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi !

Tinggalkan komentar